Selasa, 16 Oktober 2012

Merasakan Hidupnya Konser Big Bang



Sesaat setelah tirai besar bertuliskan “BigBang Alive Galaxy Tour 2012″ diturunkan tepat pukul 20.00 WIB pada Jumat (12/10), ribuan penggemar yang memenuhi Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta, pun menjerit.
Jeritan itu disambut dengan alunan intro dari lagu “Still Alive” milik “boy band” asal Korea Selatan BigBang, kelima personil BigBang G-Dragon (24), TOP (25), Taeyang (24), Daesung (23) dan Seungri (22) kemudian keluar dari kapsul di bawah panggung, menjadikan mereka mirip awak kapal penjelajah luar angkasa.
“I`m still alive, I`m still alive, I`m still alive,” demikian dinyanyikan “lead vocal” BigBang G-Dragon di hadapan sekitar delapan ribu penggemar yang biasa dipanggil VIP itu.
Keempat personil BigBand lainnya melanjutkan lagu tersebut penuh energi, lengkap dengan tarian yang juga didukung dengan “full band” untuk mengiringi konser berdurasi sekitar 2,5 jam tersebut.
Selesai dengan lagu pembuka, BigBang langsung menggebrak melalui lagu “Hands Up” yang berirama cepat, khas aliran musik yang mereka pilih: hip hop dan R & B, masih dengan tata cahaya dan tata panggung yang dibuat hidup mengikuti gerak “boy band” yang terbentuk pada 2006 itu.
Hasilnya adalah sahut-menyahut antara TOP dengan para penonton, saat TOP mengatakan “hey” disambut dengan koor penonton “hoo” sambil melambai-lambaikan “crown stick”, tongkat bermahkota yang dilengkapi lampu seharga Rp250 ribu itu.
Di lagu selanjutnya, dipilih “Fantastic Baby”, irama “electronic hip hop” kental terdengar dipadu tarian serempak kelima personil bersama para penari latar, penonton semakin terhibur dengan efek asap dan kembang api pun tidak ragu menyerukan “boom-cha-ka-la-ka” seperti yang ada dalam lagu tersebut.
Sempat jeda sebentar dengan hanya ada penari latar, BigBang kembali muncul dengan kostum berbeda dan memberikan kejutan karena mereka naik ke panggung menggunakan sepeda dan otoped untuk membawakan lagu “Foolish Love” dari album kedua mereka “Remember” dengan irama yang lebih lambat.
Lagu kelima yang dibawakan adalah “Stupid Liar” yang dirilis pada 2011, kemudian tiga personil BigBang yaitu Taeyang, Daesung dan Seungri berkomunikasi ke penonton dengan mengucapkan sejumlah kalimat dalam bahasa Indonesia.
“Nama saya Daesung, aku suka padamu,” kata Daesung yang kembali disambut dengan teriakan para penggemar.
Taeyang kemudian mencoba membuat lagu rap dengan kalimat “aku cinta kamu” dan berhasil membuat gempar para penonton.
“How do you feel tonight? This place, I love you, too,” ujar Seungri tidak mau kalah dengan kedua rekannya.
Seungri selanjutnya berusaha menjahili Taeyang dan Daesung dengan menanyakan bagaimana komentar mereka mengenai Indonesia.
Daesung yang berupaya mengingat-ingat kata-kata dalam bahasa Indonesia kemudian menjawab “rendang”, sedangkan Taeyang akhirnya menjawab “mi goreng” yang kembali disambut para VIP dengan teriakan.
Selama sekitar 10 menit, ketiganya mencoba untuk memanaskan suasana dengan meminta para penonton untuk meneriakkan kata “BigBang” secara bersahut-sahutan sambil Seungri memperlihatkan kemampuan “beatbox” yaitu mengeluarkan suara musik dari mulut.
Pascaketiganya tuntas berinteraksi, kedua personil BigBang lain yaitu G-Dragon dan TOP yang telah berganti kostum tampil untuk menyanyikan “Knock Out” yang berasal dari album duet mereka “GD & TOP”, rilis pada 2010.
Aksi keduanya dilanjutkan dengan membawakan lagu “High High” masih berasal dari album yang sama, ditambah atraksi TOP yang merebahkan diri di ban berjalan sepanjang panggung hingga akhirnya keduanya menghilang masuk ke dalam pentas.
Aksi solo dilanjutkan oleh Seungri yang menyanyikan single andalannya “Strong Baby” dengan muncul di panggung membawa senjata laser ala seorang tentara.
Kelimanya kembali muncul untuk menyanyikan “What Can I Do” diikuti “Gara Gara Go” yang dirilis khusus di Jepang. Saat membawakan lagu itu, semua personil BigBang sudah kembali berganti kostum menjadi kaos putih dengan variasi tulisan “BOY”.
BigBang masih terus menghibur para penggemarnya lewat lagu selanjutnya yaitu “Number One” dari album berjudul sama dan keluar pada 2008 khusus untuk pasar Jepang.
Suasana agak tenang saat BigBang menyanyikan “Cafe” yang berirama ballad dan berciri khas menggunakan suara “falsetto” para personil BigBang, kecuali TOP yang menjadi “rapper” dalam lagu tersebut.
Tampilan berbeda coba disuguhkan oleh BigBang dengan menyanyikan “Crayon” yang merupakan single terbaru G-Dragon hanya menggunakan “beatbox” tanpa musik pengiring, dilanjutkan dengan lagu “One Of Kind” yang masih merupakan lagu solo G-Dragon.
Selanjutnya secara berturut-turut mereka membawakan lagu “Bad Boy”, “Blue”, “Love Song”, “Monster” dengan penuh energi bersama dengan penari latar, ditunjang dengan tata letak cahaya dan animasi panggung yang gambarnya disesuaikan dengan lagu yang sedang dibawakan.
Tidak ketinggalan BigBang menyanyikan “Feeling” yaitu lagu tema film animasi Jepang “Transformers: Prime”.
Setelah “Feeling”, giliran Taeyung tampil solo membawakan lagunya “Look Only at Me” disambung dengan “Wedding Dress”. Aksi solonya diakhiri dengan merobek kaus tanpa lengan yang ia kenakan sehingga menambah histeris para fans.
Daesung pun tampil solo menyanyikan “Wing” dengan atraksi yang menarik karena ia mengenakan sayap putih besar dan naik ke kabel sling baja yang membawa Daesung “terbang” hingga mendekat ke penonton di Tribun tengah.
Pascaatraksi terbang Daesung, kelima personil BigBang kembali ke pentas dengan mengenakan kostum baru yaitu jas warna putih sambil menyanyikan “Haru-haru”.
“Sulit untuk mengucapkan hal ini, tapi saya harus mengatakan selamat tinggal, terima kasih,” ujar Taeyang setelah lagu “Haru-haru”, kontan para penonton langsung meneriakkan “We want more”.
Akhirnya muncul suara yang mengatakan bahwa “Kami masih punya satu lagu lagi,” meski tidak tahu siapa yang mengucapkan hal itu, BigBang pun kembali tampil dengan menyanyikan “Lies” dan “Baby Baby” hingga akhirnya mereka kembali menghilang di balik panggung.
Namun, penonton kembali meneriakkan “we want more” selama hampir sekitar lima menit dan para personil BigBang lengkap dengan para penari latar kembali ke atas panggung berukuran 45 x 18 meter itu mengenakan kaos hitam bertuliskan “BigBang Alive Galaxy Tour 2012″.
Single yang dirilis pada 2009, “My Heaven”, menjadi lagu yang dipilih oleh BigBang untuk dibawakan sambil membagi-bagikan kaos dan handuk kepada para penggemar mereka.
Para VIP semakin semakin berteriak saat Taeyung turun dari panggung dan mendekat ke penonton Standing B sambil bernyanyi. Seungri pun mengundang histeris karena mengambil boneka panda yang merupakan binatang kesayangannya, pemberian fans.
Secara bergantian para personil BigBang mendekat ke penonton yang ada di bagian standing (berdiri) dan menunjukkan keramahan mereka kepada fans yang bahkan sudah mengantre untuk masuk ke MEIS sejak sekitar pukul 14.00 WIB itu.
Bigbang kemudian memperkenalkan para pemain musik dan penari latar, artinya konser sudah sampai pada akhir pertunjukan, seakan tidak tega meninggalkan para fans, Taeyung yang kembali menyanyikan “Aku cinta padamu” versi rap yang ia buat di awal dan akhirnya masuk ke balik panggung.
Namun, BigBang kembali membuat kejutan dengan sekali lagi tampil dan membawakan lagu “Bad Boy” serta “Fantastic Baby” sambil kembali berkeliling menyapa para penonton di sekitar panggung dan bahkan menyiramkan air dari botol minum kepada penonton, hingga akhirnya “Fantastic Baby” benar-benar selesai dinyanyikan.
Penonton tampak puas dan menikmati konser yang tidak kurang 26 lagu tersebut serta didukung dengan tata suara berkekuatan lebih dari 160 ribu watt dan tata cahaya berkekuatan lebih dari 200 ribu watt tersebut.
“Keren, seru, beda dari yang lain karena tidak ada lip sync di konser ini,” kata Sarah (17), pelajar SMA di Jakarta yang datang sendiri menonton konser tersebut.
Meski ia datang sendiri, Sarah segera mendapatkan teman yaitu Yuli (18) dan Rahma (24) karena sama-sama duduk di tribun 2 dan sama-sama menyukai BigBang karena mereka anggap punya gaya unik dan berbeda dibanding “boyband” Korea lain.
Kika (24) bahkan menyewa kamar hotel bersama temannya agar dekat dengan lokasi MEIS sehingga tidak terlambat datang saat konser.
“Kita nyewa satu kamar hotel karena takut besok macet,” ujar Kika yang ditemui pada Jumat (12/10), padahal ia mengantongi tiket standing A senilai Rp1,8 juta untuk pertunjukan pada Sabtu (13/10).
Apa yang menjadikan BigBang sangat disukai oleh setidaknyanya 3,7 juta orang di laman fanspage BigBang di Facebook?
Jawabannya mungkin karena kualitas masing-masing personil, misalnya G-Dragon (Kwon Ji Yong) yang merupakan pencipta lagu terbanyak BigBang dan punya album solo sendiri, selanjutnya TOP (Choi Seung Hyun) yang berbakat di bidang seni peran.
Sementara Taeyang (Dong Young Bae) adalah andalan BigBang saat menari, serta kerap berkolaborasi dengan penyanyi lain, Daesung (Kang Daesung) selain mengeluarkan sejumlah single juga menjadi pembawa acara beberapa variety show serta anggota termuda Seungri (Lee Seung Hyun) juga aktor film dan drama musikal.
Meski mereka membangun karir di luar, anggota BigBang tetap solid dan konsisten menghasilkan album.
Buktinya, album “comeback” mereka “Tonight” (2011) langsung terjual sebanyak 100 ribu keping dalam seminggu. Popularitas BigBang juga terlihat pada klip-klip video mereka di situs Youtube yang paling sedikit dikunjungi dua juta orang.
BigBang juga telah meraih sejumlah penghargaan baik di Korea maupun di luar negeri, seperti artis Asia terbaik di Asia Song Festival (2009), video pop terbaik di MTV World Stage Video Music Awards Japan (2010), Best Worldwide Act di MTV EMA 2011 yang mewakili wilayah Asia Pasifik serta gelar “Revolutionary Group of the Hallyu Wave” dan “South Korean`s Most Wanted” karena keunikan mereka dalam bermusik dan gaya busana tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar