Minggu, 11 November 2012

5 Minuman Khas Korea


1. Hwachae


Hwachae adalah minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari sari buah-buahan seperti buah stroberi, persik, dan jeruk. Sari yang digunakan untuk bahan pemanis antara lain omija (sejenis buah tanaman liar), madu dan buah herbal. Digunakan Omija karena memiliki rasa manis dan asam serta khasiatnya yang bermanfaat untuk menambah energi. Keunikan Hwachae adalah hiasan pelengkapnya berbeda-beda di setiap musimnya seperti bunga azalea saat musim semi, kelopak bunga mawar di saat musim panas dan buah pir pada musim gugur.

2. Sikhye


Sikhye adalah minuman khas Korea yang terbuat dari nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi.  Minuman ini dihidangkan sebagai minuman ringan yang berguna untuk melancarkan saluran pencernaan. Sikhye dapat diberi pemanis seperti gula dan madu untuk penambah rasa. Saat ini masyarakat Korea untuk membuat Sikhye menggunakan rice cooker. Sikhye ini memiliki ciri khas rasa yang lembut dan rasa manis yang tidak berlebihan dan saat ini telah dikembangkan menjadi minuman ringan yang digemari masyarakat Korea. Tradisinya minuman ini disuguhkan pada saat hari-hari besar seperti Chuseok, Dano, Seollal serta pada persembahan kepada arwah leluhur di altar.

 

3. Sujeonggwa


Sujeonggwa adalah jenis minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari buah kesemek yang dikeringkan dan diminum dengan sari jahe, kayu manis, madu dan gula. Umumnya istilah sujeonggwa pun diberikan untuk berbagai jenis minuman sari buah lainnya. Sujeonggwa menjadi minuman ringan favorit orang Korea disamping sikhye yang biasa disuguhkan pada perayaan hari raya Seollal (tahun baru Imlek). Sujeonggwa sangat cocok dihidangkan bersama kacang cemara, batu es dan buah kesemek kering.

 

4. Misu


Misu adalah minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari tepung biji-bijian. Misu umumnya terbuat dari bahan beras ketan atau bahan lain seperti gandum, kedelai hitam dan biji wijen hitam dicampurkan untuk menambah gizi. Bahan-bahan tersebut ditumbuk dan tepungnya dicampurkan dengan air dalam sebuah mangkuk lalu diaduk. Sebagai pemanis dapat ditambahkan gula. Misu merupakan minuman musim panas yang disajikan untuk melepas rasa dahaga karena pengaruh cuaca yang terik. Manfaat lainnya adalah sebagai penamabah energi dan nutrisi instan untuk orang yang kehilangan banyak energi atau tak bernafsu makan.

 

5. Sungnyung


Sungnyung adalah jenis minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari air kerak nasi. Minuman ini juga salah satu minuman yang digemari orang Korea. Nasi yang dimasak terlalu lama menjadi gosong di dasar panci dinamakan nurungji atau kerak nasi dan jika ditambahkan dengan air dan diminum dinamakan sungnyung. Tradisi minum sungnyung berakar dari aktivitas dapur wanita Korea di masa lalu. Pada saat mereka selesai menanak nasi, mereka akan membersihkan dasar panci masak (gamasot) dengan cara menuangkan air agak nasi kerak dapat mudah dibersihkan . Orang Korea minum sungnyung sebagai sajian penutup makan mereka dan tradisi ini berkembang pesat. Mereka menyajikan sungnyung pada saat acara penghormatan arwah leluhur mereka sebagai sajian penutup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar